Cara nonaktifkan WebRTC untuk memblokir kebocoran alamat IP di Opera VPN

Opera, seperti kebanyakan web browser modern lainnya, mendukung protokol WebRTC, yang berarti dapat melewati kebocoran alamat IP yang sebenarnya bahkan dengan VPN sekalipun.

Opera Software beberapa waktu yang lalu telah menambahkan virtual private network (VPN) ke Opera Developer build untuk meningkatkan privasi dan keamanan pengguna saat menggunakan web browser.

Klien VPN bebas menggunakan, tidak memberlakukan pembatasan bandwidth atau volume lalu lintas, jadi tidak ada alasan untuk menolak menggunakan fungsinya, kecuali jika Anda sudah menggunakan VPN dengan cakupan sistem penuh.

Salah satu alasan perusahaan Norwegia menambahkan VPN adalah untuk memperbaiki privasi dengan memberikan anonimitas kepada pengguna saat menggunakan browser.

Seperti solusi VPN atau proxy lainnya, penting untuk memastikan bahwa program utama tidak mengizinkan kebocoran informasi ke server jarak jauh.

Kebocoran Real IP Address di Opera

Jika Anda mengaktifkan fungsi VPN di Opera, maka cobalah untuk memeriksa potensi kebocoran alamat IP, Anda harus memperhatikan hal berikut ini:


  1. Periksalah alamat IP normal hanya menunjukkan alamat IP dari server VPN, bukan alamat sebenarnya dari komputer;
  2. Memeriksa kebocoran WebRTC menunjukkan alamat IP lokal dan remote komputer.


Kebocoran Real IP Address di Opera

Opera, seperti banyak web browser modern lainnya, mendukung protokol WebRTC, yang berarti dapat melewatkan kebocoran alamat IP sebenarnya bahkan saat menggunakan VPN.

Beberapa browser, seperti Firefox, memungkinkan Anda menonaktifkan WebRTC sepenuhnya, sementara produk lain tidak menawarkan fungsi ini. Mengingat bahwa WebRTC dapat digunakan oleh situs untuk tujuan identifikasi, walaupun Anda menggunakan VPN atau proxy, Anda mungkin ingin menonaktifkan teknologi jika Anda tidak menggunakannya.

Kita blokir kebocoran alamat IP di Opera VPN

Opera tidak memiliki opsi built-in untuk menonaktifkan WebRTC, namun Anda dapat memasang ekstensi browser yang memantau kebocoran WebRTC di browser dan memperbaiki privasi saat menggunakan solusi VPN atau VPN Opera yang terpasang dengan cakupan sistem penuh.

Download dan instal WebRTC Leak Prevent extension di browser Opera. Anda akan melihat bahwa blok plug-in akses ke alamat IP lokal komputer, namun alamat IP publik masih dikirim oleh implementasi WebRTC.

Untuk mengatasi kebocoran ini, buka pengaturan ekstensi. Anda dapat membuka daftar semua pengaya yang terinstal dengan mengetikkan alamat opera: // extensions / page di bilah alamat browser dan klik tombol Settings di samping nama Pencegahan Kebocoran WebRTC.

WebRTc Leak

Pada halaman pengaturan Anda perlu melakukan hal berikut:


  1. Pastikan opsi "Mencegah WebRTC menggunakan non-proxied UDP" diaktifkan;
  2. Di bagian "kebijakan penanganan IP", pilih "Nonaktifkan UDP yang tidak dikonsekkan (force proxy)".

Jalankan kembali uji kebocoran WebRTC untuk memastikan kebocoran alamat IP. Opera tidak akan mengirimkan alamat IP lokal dan publik setelah menginstal ekstensi dan membuat perubahan pada konfigurasi.

uji kebocoran WebRTC

Dianjurkan untuk menginstal ekstensi jika Anda berencana untuk menggunakan fitur VPN di Opera. Selain itu, Anda bisa menghilangkan kebocoran di browser lain - ekstensi juga tersedia untuk Chrome.

Belum ada Komentar untuk "Cara nonaktifkan WebRTC untuk memblokir kebocoran alamat IP di Opera VPN"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel